Cara Menggunakan Variabel Dalam Program Arduino

Cara Menggunakan Variabel Dalam Program Arduino

Variabel adalah hal paling dasar yang akan Kita pelajari dalam pemrograman, tetapi juga yang paling berguna. Dalam tutorial ini kita akan fokus menggunakan variabel, mendeklarasikan variabel, menamai variabel dan mengerjakan matematika dengan variabel di Arduino.

Variabel Itu Apa?

Variabel adalah wadah yang digunakan untuk menyimpan data. Variabel mewakili lokasi di memori RAM (Random Access Memory)statis Arduino yang dicadangkan untuk data yang disimpan variabel. Variabel dapat menyimpan nilai konstan seperti angka lima dan dapat menyimpan nilai yang berubah seperti input dari sebuah sensor. Mereka juga dapat menyimpan string, fungsi dan bahkan variabel lainnya.

Penamaan Pada Variabel

Untuk membuat variabel, beri nama dan atur sama dengan sesuatu. Ada baiknya untuk memberikan nama deskriptif variabel yang akan mengingatkan Anda tentang tujuannya nanti. Nama variabel dapat diformat dengan berbagai cara, tetapi ada beberapa konvensi yang umum dalam pemrograman Arduino. Satu format menggunakan garis bawah untuk memisahkan kata-kata seperti ini:

variable_name =

Format lain menggunakan huruf kapital pada kata kedua dalam variabel seperti ini:

variableName =

Bagaimanapun Anda memutuskan untuk memberi nama variabel Anda, ada baiknya untuk tetap menggunakan format yang sama di seluruh program Anda. Dengan begitu mereka akan lebih mudah dibedakan dari bagian lain dari kode Anda.

Angka dapat digunakan dalam nama variabel, selama nama variabel tidak dimulai dengan angka. Misalnya, ini akan berhasil:

variable4 =

Tetapi ini akan memberikan pesan kesalahan:

4variable =

Variabel juga tidak bisa disebut sebagai kata kunci Arduino. Kata kunci adalah fungsi inti Arduino, operator dan tipe data. Semua yang Anda lihat di halaman referensi Arduino adalah kata kunci. Perpustakaan memiliki kata kunci khusus mereka sendiri juga. Di Arduino IDE, kata kunci mudah dikenali karena teksnya berwarna.

Mendeklarasikan Variabel

Membuat variabel disebut mendeklarasikan variabel. Untuk mendeklarasikan variabel, pertama tulis tipe data variabel tersebut. Misalnya, untuk mendeklarasikan variabel int yang disebut myVariable, kita akan menggunakan yang berikut ini:

int myVariable = 5;

int ditulis terlebih dahulu, diikuti dengan nama variabel. Kemudian variabel diatur sama dengan suatu bilangan, variabel atau fungsi. Dalam hal ini, myVariable diatur sama dengan angka lima. Terakhir, kita akhiri semua deklarasi variabel dengan titik koma ( ;).

Mengerjakan Matematika Dengan Variabel

Karena variabel dapat menampung angka, kita dapat melakukan matematika dengan variabel. Variabel dapat ditambahkan, dikurangi, dikalikan, dan dibagi dengan variabel lain. Selain itu, matematika yang lebih maju seperti trigonometri dan kalkulus dapat diterapkan pada variabel.

Mari kita membuat kalkulator sederhana untuk mendemonstrasikan bagaimana melakukan matematika dengan variabel. Kode di bawah ini akan menambah, mengurangi, mengalikan, dan membagi dua angka, kemudian mencetak hasilnya ke monitor serial:

int addition; int subtraction; int multiplication; int division; void setup() { Serial.begin(9600); int a = 6; int b = 3; addition = a + b; subtraction = a - b; multiplication = a * b; division = a / b; Serial.print("Sum = "); Serial.println(addition); Serial.print("Difference = "); Serial.println(subtraction); Serial.print("Product = "); Serial.println(multiplication); Serial.print("Quotient = "); Serial.println(division); } void loop() { }

Kami membutuhkan variabel untuk menyimpan hasil dari setiap perhitungan, jadi kami mendeklarasikan variabel int yang disebut addition, subtraction, multiplication dan division. Karena kita tidak tahu apa hasil dari perhitungan ini, kita mendeklarasikan variabel-variabel ini tanpa menyetelnya sama dengan apa pun.

Kami hanya ingin kalkulator berjalan sekali, jadi kodenya ada di bagian setup(). Kita bisa membiarkan bagian loop() itu kosong. Hasilnya akan dicetak ke monitor serial, jadi kami menginisialisasi port serial dengan Serial.begin(9600);.

Sekarang kita mendeklarasikan dua variabel int a dan b menyimpan angka-angka yang akan digunakan dalam perhitungan.

Variabel Global

Ini membawa kita ke topik lingkup variabel. Ruang lingkup variabel menentukan di mana ia dapat digunakan dalam suatu program. Ada dua jenis ruang lingkup variabel, yakni global dan lokal.

Variabel global dapat digunakan di mana saja dalam suatu program, di bagian loop(), bagian setup() dan fungsi lainnya. Mereka biasanya dideklarasikan di bagian atas sketsa seperti variabel addition, subtraction, multiplication dan division.

Variabel Lokal

Variabel lokal dideklarasikan di dalam suatu fungsi dan hanya dapat digunakan di dalam fungsi itu. Dalam sketsa di atas, kami mendeklarasikan dua variabel int lokal a dan b menahan input angka ke dalam kalkulator. Karena kami mendeklarasikan a dan b di dalam fungsi setup(), mereka hanya dapat digunakan di dalam fungsi setup(). Menggunakan variabel lokal di fungsi lain menghasilkan pesan kesalahan yang mengatakan "variabel tidak dideklarasikan dalam lingkup ini".

Kami telah mendeklarasikan variabel global di bagian atas sketsa untuk menyimpan hasil setiap perhitungan. Sekarang yang perlu kita lakukan adalah mendefinisikan variabel dengan mengaturnya sama dengan sesuatu.

Untuk mendefinisikan variabel, tulis nama variabel dan atur sama dengan sesuatu. Tidak perlu mendeklarasikan tipe data lagi. Dalam hal ini kami menetapkan setiap variabel sama dengan persamaan yang sesuai untuk setiap operasi matematika:

addition = a + b; subtraction = a - b; multiplication = a * b; division = a / b;

Sekarang kita dapat mencetak hasil perhitungan ke monitor serial. Kami melakukannya dengan serangkaian fungsi Serial.print() dan Serial.println() yang mencetak beberapa teks penjelasan dan nilai yang disimpan dalam variabel. Misalnya, hasil dari perhitungan penambahan disimpan dalam variabel addition. Jadi pertama-tama kita cetak beberapa teks yang mengatakan "Jumlah = ", lalu kita cetak nilai yang disimpan dalam variabel addition:

Serial.print("Sum = "); Serial.println(addition);

Kemudian kita melakukan hal yang sama untuk variabel subtraction, multiplication dan division.

Kalkulator ini adalah contoh sederhana, tetapi prinsip yang sama berlaku saat menggunakan persamaan dan fungsi yang lebih canggih dengan variabel di Arduino. Pastikan untuk meninggalkan komentar jika Anda memiliki pertanyaan!

COMMENTS

Nama

AdSense,12,Arduino,20,Arduino Programming,19,Article,46,Batimetri,2,Blog,23,Blogger,12,Drone,1,Emlid,1,Geodetic,1,Geologi,1,GPS,1,How To,40,Just,8,LiDAR,1,Microcontroller,17,Microprocessor,2,Nimbus,1,Oseanografi,3,PnS,1,ProblemSolution,4,Programming,18,Python,3,Raspberry Pi,2,RnD,3,Security,2,SEO,12,Slider,4,Story,3,Survey,4,Technology,18,Tidal,1,Tips,2,UAV,1,Velodyne,1,Velodyne Lidar,1,VTOL,1,Waterpass,1,
ltr
item
Nashrul - Tempatnya Ilmu Pengetahuan: Cara Menggunakan Variabel Dalam Program Arduino
Cara Menggunakan Variabel Dalam Program Arduino
Cara menggunakan variabel dalam program arduino. Variabel adalah hal paling dasar yang akan Kita pelajari dalam pemrograman, tetapi juga yang paling
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjJHT8h22n4n0i97koXNpH0CQ-RThDTxZUQYiJPE0ckXc_8jeGMvsFeGrUxvtwYD7PrCUuYwXuxJudDoMhoGIE8wyZztdrTKZw2op3p05kKm6r8dcGGdM-Ifh5cpnikSbWLAcyvuTjdfsfpZkkyAouZsvs4sqfeuRLZSP0fiRKgup_a3lisYRmct_Xw=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjJHT8h22n4n0i97koXNpH0CQ-RThDTxZUQYiJPE0ckXc_8jeGMvsFeGrUxvtwYD7PrCUuYwXuxJudDoMhoGIE8wyZztdrTKZw2op3p05kKm6r8dcGGdM-Ifh5cpnikSbWLAcyvuTjdfsfpZkkyAouZsvs4sqfeuRLZSP0fiRKgup_a3lisYRmct_Xw=s72-w640-c-h360
Nashrul - Tempatnya Ilmu Pengetahuan
https://www.nashrul.com/2022/02/cara-menggunakan-variabel-dalam-program-arduino.html
https://www.nashrul.com/
https://www.nashrul.com/
https://www.nashrul.com/2022/02/cara-menggunakan-variabel-dalam-program-arduino.html
true
6034623560228479934
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content